top of page
  • Gambar penulisYusrin Ahmad Tosepu

Key Word Success : YAKIN DAN FOKUS

Diperbarui: 1 Jul 2020

Optimisme adalah kepercayaan yang mengarah pada pencapaian. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan keyakinan. ~ Helen Keller ~


Semua orang ingin sukses namun tidak semua dari mereka mau memperjuangkannya. Semua orang ingin berhasil namun tidak semua dari mereka meraihnya. Paradigma kontradiktif tersebut sudah jamak kita temui dalam keseharian kita.


Padahal, solusi sebenarnya sangatlah sederhana. Hal yang pertama kita harus YAKIN dengan apa yang kita kerjakan.


Ya..YAKIN adalah fondasi untuk melakukan apa saja. Kita baru akan bertindak bila kita merasa yakin mampu melakukan sesuatu. Jika tidak yakin maka upaya yang kita lakukan akan dikerjakan dengan setengah hati.


Dan kita tahu, apapun yang dilakukan dengan setengah hati, tanpa kesungguhan, maka hasilnya pasti tidak akan pernah maksimal. Seringkali upaya kita, jika diawali dengan perasaan tidak yakin, akan berakhir dengan kegagalan.


Sering terjadi, ketika semua hal berjalan tidak seperti yang anda harapkan,bahkan bertambah sulit, seorang teman atau keluarga sering mengucapkan ” Yakinlah !”.


Segala hal di dalam hidup ini tidak akan menjadi kenyataan apabila kita tidak meyakini bahwa hal tersebut akan terjadi di waktu yang akan datang.


Keyakinan memiliki kekuatan sangat hebat, karena keberhasilan yang akan kita raih di dalam hidup ini tergantung keyakinan yang anda miliki. Melalui pikiran,perasaan dan tindakan kita dapat mengambarkan seperti apa bentuk kesuksesan yang anda inginkan.


Ada juga orang yang yakin akan suatu keberhasilan, tetapi tidak pernah berani mengambil resiko. Mereka tidak mau beresiko untuk mewujudkan apa yang mereka yakini.


Selain itu, tidaklah cukup menindaklanjuti apa yang kita yakini hanya sekali saja. Keyakinan yang bertanggung jawab menuntut agar kita berulang kali menindaklanjuti apa yang kita yakini.


Kita juga harus bertanggung jawab terhadap resiko yang di ambil. Kalau Kita bergerak tanpa rencana, tanpa memperhitungkan biaya dan hasil yang akan diperoleh.


Tanpa visi yang jelas maka tindakan itu sifatnya konyol. Kita harus mengambil peluang yang bisa dipertanggungjawabkan dari segala segi.


Keyakinan adalah upaya mempercayai sesuatu atau seperti pengalaman hidup di masa depan, bukan di masa lalu, jauh sebelum menjadi kenyataan.


Apa saja di dalam kehidupan ini tidak akan menjadi kenyataan apabila kita tidak meyakini bahwa hal tersebut akan terjadi di waktu yang akan datang.


Namun Yakin yang di maksud disini ada syaratnya, tidak asal “yakin” dan “ngotot”. Ya, karena yakin sebenarnya ada tiga macam.


Pertama, yakin yang hanya bermain di level kognisi atau pikiran sadar.


Kedua, yakin yang bermain pada level afeksi atau pikiran bawah sadar.


Tipe ketiga yaitu yakin yang “ngaco” alias “ngawur”. Yakin tipe ini adalah yakin yang berlebihan atau overconfident tapi tidak ekologis. Yakin tipe ketiga ini sangat berbahaya.


Yakin pun memiliki syarat dan ketentuan.


Syarat pertama adalah Yakin yg diikuti dengan Semangat. Yang menjadi komponen atau bagian dari Semangat adalah konsistensi, persistensi, kegigihan, atau whatever it takes.


Tindakan yang dilandasi dengan suatu keyakinan yang teguh, bahwa kita pasti bisa berhasil, pasti akan dilakukan dengan penuh semangat. Semangat ini sebenarnya adalah motivasi intrinsik atau dorongan bertindak yang berasal dari dalam diri kita.


Kekuatan Semangat ini yang membuat seseorang akan terus mencoba walaupun telah gagal berkali-kali. Kekuatan Semangat ini yang mendasari peribahasa “Tidak ada yang namanya kegagalan. Yang ada hanyalah hasil yang tidak seperti yang kita inginkan”.


“Winners never quit. Quitters never win”, “Tidak penting berapa kali anda jatuh, yang penting adalah berapa kali anda bangkit setelah anda jatuh.”


Kekuatan Semangat ini yang menjadi pendorong. Simaklah cerita Thomas Edison yang terus mencoba walaupun ia telah berkali-kali “belum berhasil” menemukan bahan yang sesuai untuk membuat bola lampu listrik.


Kekuatan Semangat ini pula yang mendorong Harland Sanders untuk terus menawarkan resep ayam gorengnya yang istimewa Kentucky Fried Chicken, walaupun ia telah ditolak berkali-kali.


Syarat kedua adalah Yakin yg diikuti dg Kekuatan Fokus. Berarti kita hanya melakukan hal-hal yang memang berhubungan dengan target yang ingin kita capai.


Pikiran kita menjadi sangat tajam, terpusat, seperti sinar laser yang siap untuk menembus berbagai penghalang.


Kita tidak akan membiarkan berbagai cobaan atau distraksi membuat pikiran atau kegiatan kita menyimpang dari tujuan semula.


Saat Kekuatan Fokus bekerja kita akan sangat memperhatikan hal-hal detil dalam upaya mencapai keberhasilan. Kekuatan Fokus ini yang mendorong kita untuk menghasilkan master piece.


Syarat ketiga adalah Yakin yg diikuti dg Kedamaian Pikiran. Syarat ketiga ini sangat penting diperhatikan karena ini merupakan barometer untuk menentukan apakah keyakinan kita terhadap sesuatu itu ekologis atau tidak.


Saat kita yakin, semangat, dan fokus melakukan sesuatu maka kita perlu memeriksa apakah kita merasakan ketenangan baik di pikiran maupun di hati. Jika jawabannya “Tidak” maka kita perlu memeriksa ulang keyakinan kita.


Kita perlu memeriksa apakah keyakinan kita itu sudah benar-benar yakin ataukah lebih karena dorong emosi tertentu, misalnya emosi takut atau keserakahan.


Bila keyakinan kita bersifat ekologis, didasari dengan pikiran yang benar dan kebijaksanaan, maka saat kita bekerja keras dan giat untuk mencapai impian-impian kita, pikiran dan hati kita akan tetap merasa tenang, damai, dan bahagia. Ini adalah satu aspek penting yang jarang sekali diperhatikan oleh kebanyakan orang.


Perasaan tenang, damai, dan bahagia merupakan indikasi bahwa apa yang kita lakukan benar-benar kita yakini akan berhasil.


Kita hanya tinggal melakukan kerjanya saja dan sukses (insyaAllah) sudah pasti akan kita dapatkan. Sukses hanyalah efek samping yang pasti akan terjadi.


Syarat keempat adalah Yakin yg diikuti dg Kebijaksanaan. Kekuatan ini sangat penting karena digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap apa yang telah kita lakukan pada keyakinan kita.


Dengan menggunakan kebijaksanaan kita dapat melakukan evaluasi dengan baik, benar,akurat, dan tanpa melibatkan emosi.


Jika hasil yang dicapai belum seperti yang kita inginkan maka dengan menggunakan kebijaksanaan kita dapat mengetahui permasalahannya dan dapat meningkatkan diri kita.


Jika hasilnya sudah seperti yang kita inginkan maka, dengan menggunakan kebijaksanaan, kita dapat mempertahankan dan meningkatkan pencapaian itu.


Kebijaksanaan juga digunakan untuk memeriksa keyakinan atau kepercayaan yang menjadi langkah awal tindakan untuk mencapai goal.


Dengan bijaksana kita dapat memeriksa keabsahan keyakinan kita. Apakah kita sudah benar-benar yakin secara benar ataukah kita sebenarnya tidak yakin tapi memaksa diri yakin karena kita takut?


Sebagai penutup, rahasia Sukses dalam hidup adalah pertama-tama harus mempunyai keinginan yang kuat untuk berhasil,


Meyakini bahwa hal tersebut akan berhasil, Mempunyai visi yang jelas dan Mewujudkan visi itu selangkah demi selangkah tanpa ada keraguan maupun ketidakyakinan sedikitpun.


Sehebat apapun keyakinan yang kita miliki tidak akan membumi dan dapat menyesatkan bila tidak dibarenggi dengan semangat, fokus, damai, dan bijaksana.



Insert: Video ilustrasi Yakin dan Fokus pada sasaran/tujuan


61 tampilan
bottom of page