top of page
  • Yusrin Ahmad Tosepu

Potensi Diri

Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal.


Ada beberapa pakar lain yang mencoba menjelaskan pengertian potensi dengan lebih baik, seperti misalnya Endra K Pihadhi yang menjelaskan bahwa potensi adalah suatu energi ataupun kekuatan yang masih belum digunakan secara optimal.


Dalam hal ini potensi diartikan sebagai kekuatan yang masih terpendam yang dapat berupa kekuatan, minat, bakat, kecerdasan, dan lain-lain yang masih belum digunakan secara optimal, sehingga manfaatnya masih belum begitu terasa. Sedangkan Sri Habsari juga mencoba menjelaskan arti dari kata potensi, yang mana menurutnya potensi adalah kemampuan maupun kekuatan pada diri yang dapat ditingkatkan dan dikembangkan menjadi lebih baik dengan sarana dan prasarana yang tepat dan baik.


Potensi diri ada beberapa macam dan jenisnya, salah satu jenisnya adalah potensi berpikir. Potensi berpikir sendiri dimiliki oleh semua manusia di dunia, hal ini membuat manusia dimungkinkan untuk mempelajari hal-hal baru dan juga menghasilkan ide-ide dan juga pemikiran baru ataupun informasi baru. Selain itu ada juga potensi fisik yang merupakan potensi yang dimiliki manusia dalam sisi fisik yang biasanya dapat melakukan gerakan yang efektif dan efisien.


Orang yang memiliki potensi fisik akan mudah mempelajari segala macam olahraga dan segala jenis permainan dalam olahraga seperti sepakbola, bulu tangkis, dan lain sebagainya. Demikian pengertian potensi dan jenisnya yang dapat kami informasikan kepada anda semua.

Lalu bagaimana cara menggali potensi diri sendiri? Untuk menggali dan mengetahui potensi diri sendiri tidaklah mudah. Tapi tenang saja, karena berikut ini akan kami bahas bagaimana cara mengetahui potensi diri sendiri.


Cara Mengetahui Potensi Diri Sendiri

1. Sadari impian Anda

Kita semua sebagai manusia pasti memiliki impian yang ingin diwujudkan. Bisa saja ingin menjadi orang sukses, punya uang banyak, dan sebagainya. Terkadang potensi diri dapat berasal dari sebuah impian. Potensi ini tercipta pada alam bawah sadar Anda yang berusaha untuk mewujudkan impian tersebut. Dengan menyadari impian akan membuat Anda mengetahui potensi dalam diri Anda sendiri.


2. Ketahui hal yang Anda suka

Apakah ada hal yang Anda sukai? Setiap orang pasti memiliki beberapa hal yang mereka suka dan pasti orang tersebut akan melakukan segala hal untuk melakukan apa yang disukainya. Meskipun hal tersebut terjadi dalam keadaan yang sempit dan tidak memungkinkan. Biasanya di dalam hal-hal yang Anda suka inilah terdapat potensi diri yang luar biasa Anda miliki.


3. Ketahui kepandaian Anda

Setiap orang memiliki apa yang menjadi kemahirannya, hal tersebut biasanya adalah suatu kepandaian mereka. Jika Anda mengetahui kepandaian diri sendiri, hal tersebut bisa digunakan sebagai cara menemukan potensi diri sendiri.


4. Ketahui hal yang membuat Anda asyik dan nyaman

Pasti ada suatu hal yang terbiasa Anda lakukan tanpa bosan. Anda merasa nyaman dan mampu untuk melakukannya selama mungkin. Ketika Anda mengerjakannya begitu mengasyikan dan seperti tanpa beban dalam mengerjakannnya. Hal tersebut jika Anda dalami bisa saja menjadi potensi diri yang Anda cari.


5. Bertanya kepada orang lain

Apabila Anda menilai diri Anda sendiri, pasti penilaiannya akan kurang tepat. Itu karena setiap orang akan bersikap objektif terhadap dirinya sendiri. Mintalah bantuan kepada orang lain seperti keluarga, sahabat, orang di sekitar untuk mengetahui potensi diri sendiri. Jangan malu untuk melakukannya karena ini untuk kebaikan Anda sendiri.


6. Ketahui hal yang paling cepat Anda pelajari

Ada orang yang susah dalam melakukan sesuatu meskipun ia sudah berusaha secara sungguh-sungguh. Ada juga pula orang yang mampu melakukan sesuatu walaupun hanya mencobanya sedikit saja. Jika Anda termasuk dalam dalam golongan kedua berarti bidang tersebut merupakan potensi diri Anda sendiri.


7. Melakukan metode pengelompokan aktivitas

Buatlah tiga buah catatan yang berisi dari aktivitas yang sesuai dengan potensi , yang kedua aktifitas yang agak meragukan dengan potensi, dan yang terakhir tidak sesuai dengan potensi. Seleksilah aktifitas yang sesuai potensi dan kembangkanlah agar menjadi lebih baik. Metode pengelompokan aktivitas sangat efektif sebagai cara melihat potensi diri sendiri.


emang benar dalam kehidupan ini, untuk mendapatkan apa yang kita cari tidak akan berjalan dengan mudah. Untuk mencapainya kita harus melakukan niat, usaha, dan kerja keras. Begitu juga dengan cara mengetahui potensi diri yang terpendam, jika Anda sudah melakukan tindakan diatas dengan baik, maka secara bertahap Anda akan melihat secara langsung potensi dalam diri sendiri. Namun bila Anda menginginkan agar lebih cepat dan efektif bisa menggunakan Terapi Otak True Potential.


Kelebihan dan Kekurangan

Setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dan setiap orang pun pasti punya keinginan untuk maju. Mungkin kemajuan dalam diri kita ini perlu untuk diperhatikan, karena kalau kita melakukan segala sesuatu tanpa kemajuan itu merupakan hal yang sia-sia.


Berikut ini ada beberapa tips untuk dapat membuat kita menjadi individu yang lebih maju :

  1. Gali potensi atau bakat pada diri kita dan terus asah kemampuan yang kita miliki. Setiap orang pasti mempunyai bakat tersendiri, yang merupakan anugrah dari Tuhan YME. Akan tetapi terkadang kita sulit untuk menemukan bakat pada diri kita.

  2. Belajarlah dari pengalaman yang telah ada. Pengalaman adalah tolak ukur keberhasilan kita, dari hal-hal yang buruk atau kekalahan, kita dapat tingkatkan dengan mencari sebab-sebab mengapa kita kalah. Dengan hal ini diharapkan kita tidak akan mengulanginya kembali. Dari pengalaman baik atau kemenangan kita dapat pertahankan agar tidak memburuk karena pengalaman adalah guru terbaik. Dan pengalaman tersebut tidak harus berasal dari diri kita sendiri, melainkan kita juga bisa belajar dari pengalaman orang lain di sekitar kita.

  3. Tekun rajin dan bersungguh-sungguh dalam hal apapun. Ketekunan dan kerajinan dalam diri kita serta dibarengi dengan rasa sungguh-sungguh adalah kunci kesuksesan. Karena dengan ketekunan dan kerajinan menjadikan kegiatan kita lebih bermakna. Dengan kesungguhan akan membuat kita lebih bersemangat sehingga memcu kita untuk lebih maju.

  4. Efisien waktu dan tenaga. Kita sering membuang waktu dan tenaga kita untuk hal-hal yang tidak berguna atau bahkan untuk hal-hal yang menghambat kemajuan kita, seperti : main-main, nongkrong, mgrumpi, dll. Alangkah baiknya bila kita pergunakan waktu dan tenaga kita untuk hal yang bermanfaat seperti : membaca buku, belajar hal baru, dll. Yang intinya kegiatan yang kita lakukan dapat memajukan diri kita walaupun itu membosankan.

  5. Teladani orang yang kita anggap lebih maju. Dari figur yang lebih maju/ berhasil kita dapat ambil hal-hal yang bermanfaat baik dari kebiasaannya ataupun sifat-sifat yang semuanya itu dapat memacu diri kita agar lebih maju.

  6. Optimisme dan intropeksi diri. Dari hal-hal inilah yang perlu kita perhatikan. Karena dengan optimisme kita dapat lebih berani, percaya diri, dan lebih bersemangat. Dengan intropeksi diri kita dapat melengkapi kekurangan pada diri kita yang kesemuanya itu kita lakukan untuk kemajuan dalam diri kita.

  7. Berdoa dan mendekatkan diri pada Tuhan YME. Dalam berdoa dan taat kepada Tuhan YME akan membuat kita selalu berada dalam jalan yang benar, sehingga kita lebih terpacu untuk maju.

Dengan Anda mengetahui kemampuan potensi dalam diri Anda sendiri, akan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan. Seperti dalam pendidikan, mencari pekerjaan, dan apa yang Anda ingin lakukan di masa depan.


Semoga Bermanfaat__Tetap Semangat, Bahagia Selal

208 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page