top of page
  • Yusrin Ahmad Tosepu

Menemukan Ide Penelitian Untuk Karya Ilmiah : TIPS


IDE merupakan sesuatu yang sangat penting dalam proses kehidupan manusia. IDE yang cemerlang selalu dibutuhkan saat kita sedang mencari solusi dalam memecahkan Masalah. Apapun jenis kegiatan, pekerjaan, usaha manusia untuk kelangsungan hidupnya tidak pernah terlepas dengan istilah IDE.


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide/gagasan adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya sama dengan cita-cita. Gagasan dalam kajian Filsafat Yunani maupun Filsafat Islam menyangkut suatu gambaran imajinal utuh yang melintas cepat. Misalnya: gagasan tentang sendok, muncul dalam bentuk sendok yang utuh di pikiran. Selama gagasan belum dituangkan menjadi suatu konsep dengan tulisan maupun gambar yang nyata, maka gagasan masih berada di dalam pikiran.


Gagasan menyebabkan timbulnya konsep, yang merupakan dasar bagi segala macam pengetahuan, baik sains maupun filsafat. Sekarang banyak orang percaya bahwa gagasan adalah suatu kekayaan intelektual seperti hak cipta atau paten.


Memiliki ide penelitian untuk karya ilmiah harus sedikit berpikir ekstra keras untuk bisa menemukan ide yang tepat. Terkadang ide tersebut muncul begitu saja ketika kita tidak memikirkannya. Ketika kita sedang jalan-jalan, ngopi, dikusi, ngobrol, atau membaca buku. Cara ini mungkin bisa dijadikan cara untuk menemukan ide penelitian untuk karya ilmiah.


Pertama: Dalam menemukan ide dalam penelitian, hendaknya kita banyak mempelajari pengetahuan dan teori terhadap apa yang diteliti. Misal, penelitian tentang teknologi pendidikan. Penelitian yang berbau teknologi, harus dipelajari teorinya secara mendalam, sedetil-detilnya. Karena, kesalahan dalam penelitian teknologi, bisa berpengaruh pada produk yang dihasilkan.


Kedua: berpikirlah secara out the box. Kunci dari orisinalitas sebuah ide. Kalau digabungkan antara ide dengan berpikir out the box, bisa menjadi ide yang baik dan benar-benar asli. Untuk mencapai berpikir di luar kotak tersebut, dibutuhan daya penalaran yang benar-benar kritis dan serius.


Ketiga: kalau sudah ketemu gambarannya, ubahlah ide tersebut menjadi sebuah karya yang hendak diciptakan. Misalnya, teknologi pendidikan dapat merubah perilaku dan budaya pengajar dan anak didik, dan sebagainya.


Keempat: kalau sudah ketemu idenya, ketikanlah di mesin pencari seperti Google, untuk memastikan bahwa ide tersebut benar-benar asli. Ini adalah sebuah saran . Karena, tak jarang sudah menemukan ide, ternyata sudah diteliti oleh orang lain. Oleh karena itulah, untuk menemukan ide yang benar-benar asli, harus diulang berpikirnya, dari nol lagi.


Hal lain yang perlu dilakukan agar segera memiliki ide penelitian untuk karya ilmiah adalah :


1. Membaca Buku. Buku adalah gudang ilmu. Begitu juga ketika kita akan mencari ide untuk menulis karya ilmiah. Rajin-rajinlah membaca buku yang berkaitan dengan ilmu /bidang yang ingin dicari idenya.


2. Browsing di internet Browsing di Internet juga bisa menemukan ide untuk sebuah karya ilmiah. banyak sekali ide-ide bagus yang tersebar di internet ini. mereka dengan suka rela menulis di website atau blog mereka untuk memberi ide-ide yang bisa dijadikan bahan untuk karya ilmiah.


3. Konsultasi dengan Teman jika anda punya teman, mengapa tidak dimanfaatkan. Ajak berdiskusi atau Pinjam karya ilmiah, ambil inti idenya kemudian kembangkan. Hal ini dapat menjadikan karya ilmiah lebih sempurna. karena biasanya karya ilmiah yang sudah ada masih terdapat sisi kelemahannya, hal tersebut bisa dibenahi.


4. Konsultasi dengan Dosen atau maha guru penelitian. Konsultasi dengan dosen untuk mencari ide penulisan karya ilmiah adalah hal penting dan wajib. Biasanya dosen dan mahaguru punya bank ide-ide yang siap dilontarkan ke mahasiswa untuk dijadikan proyek.


5. Cari Referensi di perpustakaan. Perpustakaan adalah tempat yang rekomended untuk anda kunjungi. mencari ke rak-rak buku untuk menemukan ide yang bisa anda kembangkan. Siapa tahu di perpustakaan juga kamu menemukan ide yang brilian. banyak yang menemukan ide penelitian untuk karya ilmiah di perpustakaan.


6. Melihat keadaan lingkungan sekitar. Lingkungan sekitar kita berpotensi sebagai tema karya ilmiah. Banyak peristiwa yang terjadi dalam satu hari, yang pastinya terkandung peristiwa unik, yang dapat dijadikan bahan penelitian. Kita harus peka dan mau melihat segala peristiwa dari sudut pandang yang berbeda. Ini penting supaya kita mempunyai ide brilian yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya


7. Ketika melihat masalah muncul, berpikirlah kreatif. Kreatif merupakan hal yang sering ditekankan oleh setiap orang dalam berpikir. Kenapa harus dengan cara kreatif? Karena, dengan pola pikir yang sama seperti kebanyakan orang, mungkin kita tidak akan menemukan something new, something different, yang membuat penelitian kita berbeda dari orang lain. Kreativitas yang tinggi merupakan nilai berharga yang wajib dimiliki oleh setiap penulis. Dengan berpikir kreatif, kita pun dituntut untuk terus mengasah kinerja otak serta membiasakan diri untuk tidak menunggu insight. Sebaliknya, kita harus mampu memunculkan insight setiap saat.


8. Tidak ada ide yang salah. Kita perlu membangun sebuah konsep yang harus kita tanamkan dalam diri kita, bahwa tidak ada ide yang salah. Kita harus berani mengungkapakan segala ide yang muncul. Kesalahan kita biasanya lebih karena takut mengungkap ide tersebut menjadi sebuah penelitian. Sehingga, kita mempunyai banyak kekhawatiran yang tidak beralasan. Akibatnya, kekhawatiran atau keraguan itu justru menghambat kita dalam melakukan penelitian.


9. Membuat niat dan tekad yang kuat untuk membuat karya ilmiah. Dalam membuat penelitian dibutuhkan nita dan tekad yang sungguh sungguh, karena jika kita tidak didasari niat maka semua itu tidak akan berjalan lancar. Jika sudah didasari niat maka pastinya kamu akan melakukan salah satu cara-cara yang diatas.


10. Selalu terbuka menerima pengajuan atau saran orang lain untuk menemukan karya ilmiah. Disaat sedang bingung untuk membuat karya ilmiah dan tiba-tiba ada orang yang menyarankan kamu untuk melakukan penelitian tersebut maka pastinya kamu akan merasa tertolong atau setidaknya kamu bisa menyimpulkan saran karya ilmiah yang diberikan orang tersebut.


Semoga Tulisan ini bisa membantu dalam menemukan ide penelitian dalam penulisan karya ilmiah.


Tetap semangat dalam bekerja dan berkarya. Sukses selalu dalam melaksanakan aktifitas dan kegiatan.

1,715 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page