top of page
  • Writer's pictureYusrin Ahmad Tosepu

Jika Anda kurang disiplin, baca Artikel ini.


Menjadi Pribadi yang Disiplin


1. Tentukan tujuan yang jelas.


Tanpa tujuan yang jelas, sulit untuk menentukan dengan tepat apa yang Anda inginkan. Pikiran Anda tidak membutuhkan undangan untuk menunda-nunda. Mulailah memvisualisasikan apa yang benar-benar Anda inginkan. Menuliskan tujuan Anda akan membantu mewujudkannya.



2. Tetapkan rencana yang jelas.


Anda mungkin tahu apa yang Anda inginkan tetapi jika Anda tidak tahu bagaimana mencapainya, kemungkinan besar, Anda akan gagal. Buat garis besar rencana yang memecah setiap langkah individu yang Anda perlukan untuk mencapai tujuan Anda. Langkah kecil mengarah pada perubahan besar.


3. Perkuat kepercayaan diri Anda.


Satu hal yang sukses di masyarakat semua memiliki kesamaan adalah kepercayaan diri. Anda perlu mengembangkan pola pikir bahwa Anda cukup baik untuk mencapai apa yang Anda tetapkan, jika tidak, mengapa bahkan mencoba? Anda bisa melakukan ini.


4. Bangun kebiasaan.


Kebiasaan membuat hidup 10x lebih mudah. Semakin Anda harus berpikir tentang apa yang Anda lakukan, semakin besar kemungkinan pikiran Anda akan mulai bertanya-tanya. Sistem dan kebiasaan menghilangkan tebakan dan memberi Anda proses langkah demi langkah yang jelas untuk diikuti.



5. Evaluasi waktu Anda.


Anda sering mendengar orang berkata "Saya tidak punya waktu" padahal kenyataannya mereka pergi bekerja kemudian menghabiskan sisa malam mereka tanpa berpikir menggulir. Rencanakan hari Anda, ada cukup waktu untuk menikmati diri sendiri sambil menyelesaikan tugas-tugas penting.


6. Mulai dari yang kecil.


Seringkali ketika Anda kurang disiplin, itu adalah pemikiran bahwa Anda harus melakukan semuanya sekaligus. Belajarlah untuk memecah tugas menjadi bagian-bagian yang dapat dikelola. Anda akan menemukan bahwa Anda menyelesaikan lebih banyak hal dan terkejut melihat betapa jauh lebih menyenangkannya itu.



7. Jaga dirimu


Kesehatan mental dan fisik yang kuat akan membantu dalam pertempuran Anda untuk menghancurkan kurangnya disiplin diri. Kembangkan proses self talk yang positif serta pastikan Anda makan dengan baik dan berolahraga secara teratur. Gerakan akan membantu menjernihkan pikiran Anda.


8. Buat diri Anda bertanggung jawab.


Anda selalu dapat meminta teman atau keluarga untuk meminta pertanggungjawaban Anda, tetapi apa yang terjadi ketika mereka tidak ada di sana? Mengembangkan akuntabilitas diri menempatkan Anda bersama-sama.



Tips dan Cara Menjadi Pribadi yang Disiplin Waktu

Inilah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang bisa disiplin dengan waktu.


1. Jangan Menganggap Enteng Janji

Meskipun tampaknya sepele, tapi kebiasaan berjanji kepada orang lain tanpa niat untuk memenuhinya adalah awal mula dari kurangnya disiplin. Kalau kamu sudah janjian dengan teman-teman sekelas untuk mengerjakan tugas bersama-sama, maka apapun alasannya kamu harus datang sesuai waktu yang sudah ditentukan.


Jangan membiasakan diri untuk membuat alasan agar orang lain memaklumi keterlambatan kamu. Justru sebaliknya, kalau bisa usahakan datang beberapa menit sebelumnya supaya tidak terburu-buru.


2. Hindari Mengulur Waktu

Kurangnya rasa disiplin bisa disebabkan oleh kebiasaan mengulur-ulur waktu ketika melakukan suatu kegiatan. Bagaimana cara menjadi pribadi yang disiplin waktu bisa berhasil dilakukan kalau kamu selalu menunda apa yang seharusnya dapat diselesaikan. 


Atur waktu sebaik-baiknya, kapan kamu harus makan, mengerjakan tugas, istirahat dan sebagainya. Lakukan semuanya sesuai dengan jadwal yang ada, jangan ditunda-tunda.


3. Buat Pengingat

Memang ada saja orang yang terlambat dan hal itu bukan semata-mata karena kurangnya rasa disiplin. Bisa jadi karena dia lupa bahwa ada jadwal yang harus mereka lakukan pada hari itu. Tapi, sekali lagi, lupa tidak boleh menjadi alasan pembenaran setiap saat, karena hal tersebut akan merugikan diri sendiri.


Kamu bisa melakukan sesuatu untuk mengurangi kemungkinan lupa pada jadwal kegiatan. Bagaimana caranya? Kamu pasti punya smartphone bukan? Kenapa tidak menjadikannya sebagai alat pengingat jadwal setiap hari. Tulis hari, tanggal, jam dan kegiatan apa yang harus kamu lakukan pada alarm HP. Dengan begitu, alarm akan selalu berbunyi ketika ada jadwal yang harus kamu kerjakan.


4. Mulai dan Biasakan dari Hal Kecil

Disiplin waktu bisa menjadi kebiasaan yang kemudian membentuk karakter pada diri seseorang. Namun hal tersebut memang tidak bisa instan dan terjadi begitu saja. Kamu harus belajar membiasakan diri untuk selalu disiplin waktu dalam hal apapun.


Mulailah menanamkan kebiasaan tersebut dari hal-hal kecil, misalnya jadwal bangun pagi, sarapan, membereskan kamar, belajar dan sebagainya. Kalau dari hal-hal kecil dalam keseharian seperti itu kamu sudah bisa memenuhinya, perlahan kamu bisa meningkatkannya pada aktivitas yang lebih luas dan penting. 


Lama kelamaan, sikap disiplin waktu akan melekat dan menjadi karakter pada diri kamu.

Bagaimana cara menjadi pribadi yang disiplin waktu perlu kamu ketahui dan lakukan sejak dini, agar bisa menjadi karakter positif yang membawa kesuksesan. Perbanyak pergaulan dengan orang-orang yang selalu mengedepankan kedisiplinan agar bisa tertular kebiasaan baik mereka.

Lingkungan menjadi salah satu faktor penting yang membentuk kedisiplinan.


10 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page