top of page

PROGRAM KERJA DAN KEGIATAN TAHUN 2017


Pemerataan kualitas pendidikan masih menjadi pekerjaan rumah yang tak kunjung selesai bagi para pemangku kepentingan industri dan pendidikan tinggi, berkaitan dengan hal tersebut LSP3I mengajak seluruh lapisan dan komponen bangsa yang yang terkait dan peduli peningkatan dan pengembangan pendidikan tinggi Indonesian untuk berpartisipasi dan terlibat langsung memberikan solusi untuk kemajuan pendidikan tinggi Indonesia.


Kita ketahui bersama, Kemenristekdikti telah menyusun dan menerbitkan tentang latar belakang pendidikan tinggi 2015-2019, Rencana Strategis Kemenristekdikti 2015-2019, Program Pendidikan Tinggi Tahun 2016, dan Isu-Isu Strategi Pendidikan Tinggi Tahun 2016.


Di Tahun 2016, Kemenristekdikti telah menargetkan outcome yang akan kita capai yaitu:


Pertama, National Competitiveness Index (daya saing bangsa). dengan fokus pada skill worker atau qualified worker.


Kedua, innovation. Skill worker atau qualified worker dan innovation, bermuara productivity improvement untuk memperbaiki produktivitas.


Dengan memperhatikan global competitiveness index. Ada 3 pilar yang harus di telisik dan disimak dengan baik apabila melihat index competitif, yaitu:

  1. Basic requirements,

  2. Efficiency enhancers (bagaimana bisa mendorong efisensi),

  3. Innovation and Sophistication. Komponen-konponen yang ada di dalamnya saat menuju kepada efisensi.

Program Kemenristekdikti yang telah dicanangkan dan target hasil yang dicapai di tahun 2016, masih banyak persoalan yang masih menjadi pekerjaan rumah untuk segera diselesaikan di tahun-tahun berikutnya.


Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan dukungan kerjasama, partispasi dan peran seluruh elemen, komponenen pemangku kepentingan yang terkait dan terlibat langsung dengan dunia pendidikan tinggi Indonesia agar di tahun 2017 tujuan dan hasil yang telah direncanakan oleh pemerintah dapat ditingkatkan dengan baik.


Tahun di 2017, LSP3I fokus pada Optimalisasi Potensi dan Peningkatan Mutu dan Peran Pedidikan tinggi Indonesia guna mewujudkan Pendidikan Tinggi Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing.


Guna merealisasikan program tersebut, LSP3I akan melaksanakan kegiatan Kajian, Studi, Riset yang berkaitan dengan Optimalisasi dan Peningkatan Mutu Pedidikan tinggi Indonesia.


Berikut konsep dan tahapan kegiatan riset, kajian, dan studi LSP3I:


Gambar : Konsep Riset, Kajian dan Studi


Gambar : Tahapan Riset, Kajian dan Studi

Perbaikan mutu Pendidikan tinggi adalah tugas seluruh elemen dan komponen bangsa, terkhusus bagian dari tugas sivitas akademika perguruan tinggi, dengan memberikan berbagai solusi berdasarkan kajian ilmiah.


bottom of page