top of page

Meneliti untuk Masyarakat

(Catatan ini dibuat untuk mendorong penulis untuk lebih bersungguh – sungguh untuk menghasilkan karya penelitian yang berguna untuk masyarakat)


Penelitian atau yang biasa dikenal dengan sebutan riset atau study merupakan sebuah kegiatan investigasi yang dilakukan secara sistematis dan aktif guna menemukan, menyelidiki, maupun merevisi adanya kebenaran dari suatu fakta.


Secara harfiah, penelitian didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyelidikan terhadap suatu masalah atau fakta yang dilakukan secara tuntas. Atau dengan kata lain, penelitian merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan sebagai usaha untuk memecahkan suatu masalah.


Tujuan dari sebuah penelitian adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang suatu kejadian, peristiwa, teori, hukum, dan hal-hal lainnya sehingga dapat membuka peluang untuk lebih menerapkan pengetahuan tersebut.


Salah satu manfaat dari sebuah penelitian adalah membantu masyarakat untuk memberikan rekomendasi bagi suatu kebijakan, program yang dicanangkan oleh sebuah instansi maupun kelompok masyarakat. Dimana hal tersebut dapat meningkatkan kinerja dari para pelaksana program.


Disinilah pentingnya sebuah penelitian, bagaimana hasilnya dapat bermanfaat dan digunakan oleh masyarakat secara luas.


Apa artinya “meneliti untuk masyarakat”?


Rekan dosen sudah tentu menyadari bahwa kegiatan meneliti yang dilakukan cenderung “meneliti untuk penelitian” atau “meneliti untuk Call for Paper”, dalam arti penelitian yang ia lakukan mungkin diakui sebagai karya ilmiah dan dapat digunakan untuk mengikuti seminar, namun sebenarnya belum terlalu berguna untuk masyarakat.


Banyak rekan dosen yang telah banyak menghasilkan penelitian dengan kategori seperti yang di jelaskan di atas. Dan sudah saatnya kita merubah paradigm tersebut.


It’s important to save human life


Salah seorang Professor di Jepang yang meneliti di bidang “Rescue Robotic” menyatakan bahwa yang terpenting baginya ialah “to save human life”. Sebuah penelitian yang hebat dan canggih menjadi tidak berarti saat tidak memberi kontribusi pada masyarakat luas.


Di Negeri Sakura sendiri ada sebuah lembaga yang didanai pemerintah Jepang untuk mempromosikan penerapan ilmu multi disiplin untuk memecahkan masalah – masalah aktual di dunia. Lembaga ini mengumpulkan peneliti dari berbagai bidang ilmu untuk duduk bersama – sama dan mulai berpikir bagaimana memberi dampak nyata bagi masyarakat luas.


Penelitian jangka panjang dan berkelanjutan


Untuk mewujudkan penelitian yang bermanfaat untuk masyarakat, tidak mungkin seorang peneliti melakukan penelitian “instan” selama 1 – 2 tahun saja. Untuk menghasilkan karya yang tepat guna dan teruji secara ilmiah, seorang peneliti ataupun research group dimana peneliti itu berada harus memiliki road map penelitian yang jelas selama bertahun – tahun (mungkin 5 – 10 tahun). Hal ini mendorong perbaikan yang terus menerus dari sebuah karya sampai akhirnya menjadi matang dan layak untuk diterapkan masyarakat luas.


Tentunya sangat sering kita jumpai hasil karya ilmiah, tugas Akhir yang hanya dapat digunakan selama beberapa bulan saja, kemudian dengan segera menjadi “barang bekas” di laboratorium. Dengan road map yang jelas, hal tersebut dapat diminimalkan, karena hasil penelitian mahasiswa sebelumnya akan sangat berharga untuk dilanjutkan mahasiswa berikutnya.


Menentukan suatu road map penelitian memang tidak mudah. Diperlukan kedalaman pemahaman terhadap suatu topik ilmu, juga kemauan dari para peneliti untuk saling mengalah demi terciptanya suatu produk yang benar – benar bermanfaat. Namun tidak mudah bukan berarti tidak mungkin. Sehingga hal tersebut harus dipikirkan sedini mungkin.


Pentingnya Kolaborasi


Dalam mewujudkan suatu karya yang yang bermanfaat, sering kali seorang peneliti tidak bisa bekerja sendiri. Sangat dibutuhkan kolaborasi dengan pihak – pihak lain. Kolaborasi pertama adalah dalam bidang penguasaan ilmu.


Sangat jarang seseorang dapat mengerti semua aspek ilmu dengan mendalam. Untuk menghasilkan karya yang handal, tentunya dibutuhkan kolaborasi ilmu antar peneliti. Keberadaan research group intra maupun antar jurusan – kampus sangat penting artinya.


Selain itu kolaborasi dalam hal pendanaan juga tidak kalah pentingnya. Tentunya untuk menghasilkan produk penelitian yang bermutu akan dibutuhkan sumber dana yang tidak sedikit, baik untuk pengadaan bahan penelitian maupun sebagai honor bagi pelaku peneliti itu sendiri.


Karena itu, mau tidak mau, seorang peneliti juga harus mengusahakan diperolehnya research grant dari pemerintah maupun lembaga – lembaga lain. Adanya research grant ini juga mendorong tanggung jawab dari peneliti untuk menyelesaikan produk penelitian dengan baik.


Pada Akhirnya, mari mewujudkan penelitian yang benar – benar berguna dan menyentuh masyarakat. Sehingga melalui ilmu kita yang sedikit, kita dapat memberi nilai tambah dan membantu masyarakat luas.

bottom of page