top of page

Dosen dalam Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat


Peran dosen sebenarnya termaktub dalam Tri Dharma PT, yaitu : Pendidikan dan pengajaran, Penelitian, Pengabdian pada masyarakat


Jadi, dosen di PT selain mengajar mahasiswa, harus terus mengembangkan ilmunya melalui penelitian, dan menerapkan hasil penelitian tersebut melalui pengabdian pada masyarakat. Jadi Berarti seorang dosen harus bertindak sebagai :


Pengajar. Dosen bukan hanya menguasai materi, namun juga dapat mengajarkannya pada orang lain dengan metode yang baik. Dosen juga tidak hanya mengajarkan hal – hal keilmuan pada mahasiswa, namun juga sikap – sikap yang benar dalam menempuh kehidupan yang sementara ini.


Peneliti. Dosen harus meneliti untuk mengembangkan keilmuannya. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga merupakan bentuk tanggung jawab terhadap pengembangan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Sikap haus belajar dan selalu ingin tahu sangat diperlukan dosen untuk maju dan berkembang. Di PT luar negeri, sudah lazim bahwa sebagian besar penelitian terbaru muncul dari kampus, bukan industri atau tempat lain.


Pelayan masyarakat. Dosen tidak cukup hanya tinggal di “menara gading” PT, namun juga harus mau membumi dengan masyarakat yang membutuhkan bantuan. Sebagai tanggung jawab moral dan sosial terhadap masyarakat, dosen harus mau memberikan ilmu yang ia miliki untuk kepentingan orang banyak.


Ketiga peran di atas saling berhubungan. Berikut skema keterkaitannya :

Dari penjelasan di atas, cukup jelas mengapa seorang dosen perlu melakukan ketiganya dalam profesinya. Dengan penelitian, seorang dosen akan memperkaya khasanah ilmu, dengan pengabdian masyarakat dosen bisa menjadi penggerak pembangunan, dan seterusnya..


Semoga rekan dosen, makin sungguh – sungguh menjalankan peran di atas sebaik mungkin. Semoga.

bottom of page